Hipobarik! Metode Terkini Penyimpanan Cabai, Mau Tau Caranya?

Metode Hipobarik

Sebagian besar orang menyimpan buah cabai di dalam kulkas supaya lebih awet. Akan tetapi jika waktu penyimpanannya terlalu lama diletakkan di dalam kulkas, cabai bisa berubah bentuk. Kendala atau masalah yang sering sekali ditemui yaitu cabai jadi gampang kering bahkan busuk. Meski begitu ada trik khusus yang membuat cabai akan awet dalam dan selalu segar dari awal membeli sampai beberapa minggu kemudian.

Lalu bagaimana cara menyimpan cabai selain di kulkas agar lebih awet lagi. Caranya dengan menyimpannya dengan hipobarik. Hipobarik adalah salah satu sistem penyimpanan cabai yang dilakukan dalam satu ruangan dengan kondisi udara tertentu. Cara ini mulai berkembang di beberapa negara maju pada 1960-an hingga kini. Hipobarik merupakan cara penyimpanan yang mahal. Namun, dibandingkan dengan menyimpan di pendingin, cara ini lebih banyak mendatangkan keuntungan.

Keuntungan dari hipobarik yang pertama adalah meningkatkan aspek daya tahan penyimpanannya. Jika daya tahan yang disimpan di dalam pendingin hanya berkisar 10—120 hari, cabai yang disimpan dengan cara ini mampu bertahan hingga 50 hari, terutama untuk cabai hijau.

Baca Juga:
Jenis Penyangga Tumbuhan yang Harus Anda Tau, Apa Saja?
Cara Jitu Atasi Hama yang Sering Menyerang Pohon Jagung, Penasaran!
Trik Jitu Pemberian Pupuk Pada Pohon Cabai yang Baik & Benar!

Buah cabai yang disimpan dengan cara yang satu ini tak akan kehilangan tekstur renyah, tak mengubah warna buah, dan tak mengurangi mutu buah. Buah cabai yang disimpan dengan cara ini akan selalu mempunyai bentuk seperti buah segar yang baru saja dipetik dari pohonnya.

Metode hipobarik dilaksanakan di ruangan penyimpanan yang mempunyai tekanan, suhu, dan kelembapan udara yang dapat dikontrol. Tekanan yang diperlukan untuk menyimpan cabai agar tetap segar sebesar 4—400 mm Hg dengan suhu udara sekitar 2—5°C dan kelembapan udara berkisar 90—95 persen.

Tekanan udara yang rendah dapat menghambat pembentukan gas etilen pada buah cabai. Gas etilen inilah yang membuat cabai menjadi cepat matang. Sementara, penggunaan suhu rendah diharapkan mampu mencegah gas yang diakibatkan proses respirasi atau pernapasan buah, apalagi saat buah tertumpuk dalam jumlah banyak dalam satu ruangan. Energi respirasi ini dihasilkan dalam bentuk panas.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Suhu panas akan menghambat atau mengurangi penyusupan sumber panas dan dapat menghilangkan akumulasi yang disebabkan pengembunan. Cara-cara tersebut berfungsi untuk menghindarkan cabai dari kemungkinan ditumbuhi oleh jasad renik yang merugikan. Bahkan, dengan tingkat kelembapan yang dikontrol secara intensif dapat mencegah penyusutan buah, menghindarkan buah dari kekeringan, dan dapat menjaga kesegaran buah.

Metode ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda-beda pada setiap jenis cabai. Sebagai contohnya, cabai hijau yang tak tahan suhu dingin disarankan untuk menggunakan suhu penyimpanan antara 7,2—10°C pada tekanan udara sekitar 80 mm Hg. Jika suhu di bawah 7°C cabai hijau mudah rusak, sedangkan suhu di atas 10°C akan memudahkan cabai menjadi matang.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Hipobarik! Metode Terkini Penyimpanan Cabai, Mau Tau Caranya?” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Mulsa Plastik untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s